Cara Mengobati Kambing Ingusan Dengan Obat Herbal

Sukses Ternak

cara mengobati kambing ingusan

Perlu untuk diketahui bagaimana cara mengobati kambing ingusan atau pilek. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kambing sakit pilek adalah perubahan cuaca yang ekstrem. Biasanya perubahan cuaca yang mengakibatkan suhu lingkungan menurun drastis dapat menyebabkan penyakit pilek pada kambing.

Perubahan cuaca yang ekstrem membuat kondisi sistem kekebalan tubuh kambing menurun drastis yang berdampak pada menurunnya kesehatan kambing. Untuk menjaga kondisi kesehatan kambing agar tetap fit, maka diperlukan cara mengobati kambing ingusan.

cara mengobati kambing ingusan
Sumber: Surya

Cara Pembuatan Obat Herbal

Untuk mengobati kambing yang terkena pilek dapat menggunakan obat tradisional yang terbuat dari obat-obat herbal disekitar kita. Obat herbal ini sangat mudah didapatkan. Berikut adalah cara membuat obat untuk mengobati kambing yang terserang penyakit pilek:

  1. Pertama siapkan cuci bahan beras dan kencur, cuci kencur hingga bersih dari tanah yang masih menempel. Rendam beras yang telah dicuci selama satu jam. Tujuan perendaman ini agar beras dapat mengembang.
  2. Kemudian siapkan gula merah, jahe, dan garam. Cuci jahe hingga bersih, kemudian masukkan ketiga bahan tersebut kedalam wadah berisikan air. Lalu rebus hingga mendidih.
  3. Langkah terakhir, kencur yang telah dipotong dihaluskan menggunakan blender atau copper. Kemudian masukkan kencur yang telah dihaluskan kedalam air rebusan. Kemudian pisahkan airnya airnya dari campuran bahan diatas dengan cara disaring atau diperas menggunakan kain bersih.

Cara Pemberian Obat Herbal Pada Kambing

Berikan air obat yang telah diperas pada kambing dengan cara diminumkan pada kambing. Gunakan corong atau botol agar mudah memasukan obat kedalam mulut kambing. Berikan obat selama 3 hari sekali hingga kambing pulih kembali.

Demikian cara mengobati kambing ingusan akibat pilek dengan memanfaatkan obat herbal. Sebaiknya selalu perhatikan kondisi kesehatan kambing agar pertumbuhannya tidak terganggu. Selain obat herbal diatas, anda dapat menggunakan obat buatan yang tersedia dipasaran.

Bagikan:

Leave a Comment