Inilah 7 Jenis Ikan Nila Paling Unggul dan Cepat Besar

Sukses Ternak

Ikan nila merupakan salah satu jenis ikan yang populer dibudidayakan oleh petani ikan di Indonesia. Pemilihan jenis ikan nila paling unggul merupakan hal yang utama agar budidaya ikan nila mendapatkan keuntungan yang maksimal. Tujuan memilih jenis ikan nila paling unggul adalah agar ikan nila tumbuh cepat besar. Sehingga waktu yang dibutuhkan untuk pembesaran ikan nila hingga panen dapat dipersingkat.

Jenis Ikan Nila Paling Unggul

Pada umumnya, jenis ikan nila memiliki masa waktu budidaya yang relatif sama. Waktu yang diperlukan untuk budidaya mulai dari bibit hingga panen berkisar antara 4-6 bulan. Namun ada beberapa jenis ikan nila paling unggul yang menjadi favorit para pembudidaya nila. Berikut adalah nila yang memiliki kualitas unggul yang dapat anda temui:

1. Nila Merah

Jenis nila merah - SuksesTernak.com
Gambar Nila Merah atau Nila Nifi

Nila merah atau NIFI didatangkan dari Thailand tahun 1981. Jenis ini merupakan persilangan ketiga daru hibrida mujair merah dengan nila. Pertumbuhannya relatif cepat dibanding nila hitam. Benih yang dihasilkan kebanyakan jantan. Nila merah ini disukai karena warnanya menarik dan dagingnya berwarna putih.

2. Nila Hitam

Jenis nila hitam - SuksesTernak.com
Gambar Nila Hitam

Nila jenis ini adalah nila yang pertama kali didatangkan dari Taiwan, yaitu pada tahun 1969. Hasil perkawinan silang antar jenis Oreochromis. Nila hitam banyak tersebar di Indonesia. Banyak terjadi perkawinan silang dan inbreeding dengan mujair sehingga kelangsungan genetisnya sudah tidak baik.

3. Nila GIFT

Jenis nila gift - SuksesTernak.com
Gambar Ikan Nila Gift

Nila GIFT (Genetic Improvement of Farmed Tilapias) merupakan hasil persilangan antara beberapa jenis ikan dari keluarga cichlidae. Bentuk tubuh nila GIFT hampir sama dengan nila hitam. Nila GIFT yang didatangkan dari Filipina ke Indonesia pada tahun 1994 berasal dari generasi keempat. Pada tahun 1997 didatangkan lagi nila GIFT generasi keenam.

4. Nila GESIT

Jenis Ikan nila gesit - SuksesTernak.com
Gambar Ikan Nila Gesit – Sumber: Suksespedia

Tahun 2006 dikembangkan nila GESIT (Genetically Supermale Indonesia Tilapia), yaitu nila jantan tetapi berkromosom sex YY yang merupakan pemuliaan dari kromosom jantan normal (XY) dengan nila betina (XX). Hal ini bertujuan untuk menghasilkan ikan nila monosex jantan (96% jantan). Karena pertumbuhan nila jantan lebih cepat dari nila betina maka akan lebih menguntungkan dalam budidaya ikan nila. Nila Gesit merupakan salah satu jenis ikan nila paling unggul.

5. Nila Nirwana

Jenis Ikan Nila nirwana - SuksesTernak.com
Gambar Ikan Nila Nirwana – Sumber: sisinbe.kkp.go.id

Nila Nirwana (nila ras Wanayasa) merupakan hasil seleksi dari famili ikan nila GIFT dan nila GET(Genetically Enchanced Tilapia) yang berasal dari Filipina yang dilakukan oleh Balai Pengembangan Benih Ikan Wanayasa dan diluncurkan pada tahun 2006.

6. Nila Larasati

Jenis Ikan nila larasati - SuksesTernak.com
Ikan Nila Larasati – Sumber: sisinbe.kkp.go.id

Merupakan hasil pengembangan dari nila merah. Balai Benih Ikan Sentral Janti, Klaten, memperbaiki mutu genetis dari ikan nila merah. Mereka mengadakan selective breeding pada tahun 2008 dengan melakukan hibridisasi berbagai strain sehingga mampu menghasilkan nila merah hibrida dengan pertumbuhan cepat dan mempunya ketebalan daging yang cukup bagus.

7. Nila BEST

Jenis ikan nila best - SuksesTernak.com
Gambar Ikan Nila BEST

Nila BEST merupakan pengembangan nila GIFT generasi keenam, hasil evaluasi Balai Riset Perikanan Budidaya Air Tawar (BRPBAT) dan dilaksanakan dalam kurun waktu 2004 – 2008. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan berbagai tipe pemeliharaan dan skala usaha, nila BEST lebih unggul dan hasilnya lebih baik dibanding jenis ikan lainnya.

Itulah jenis ikan nila paling unggul yang ada di Indonesia. Jenis ikan nila yang sudah disebutkan diatas merupakan beberapa contoh yang dapat ditemui. Namun tidak semua jenis ikan nila diatas bisa didapatkan disetiap daerah. Karena jenis ikan nila biasanya merupakan hasil kawin silang yang dari beberapa jenis ikan nila.

Sedikiti tips dari saya, pastikan kualitas nila yang ingin anda budidayakan berasal dari tempat pembenihan ikan nila yang bersertifikat. Sehingga kualitas dan gen yang dimiliki benih ikan nila dapat terjamin. Pasalnya banyak jenis ikan nila yang beredar dipasaran tidak diketahui asal usulnya

Bagikan:

Leave a Comment